Tips Memilih dan Menyimpan Jamur Kancing Fresh yang Aman

simpan jamur

Karena Jamur sering dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif bahan masakan. Jenisnya pun bermacam-macam, tapi yang paling umum dijumpai contohnya jamur kuping, kancing, tiram, merang dan lain-lain. Mendapatkannya tentu tidak sulit. Anda dapat membelinya dengan mudah di banyak supermarket dan pasar atau bahkan langsung di pabrik jamur seperti PT. Suryajaya Abadiperkasa. Tapi tahukah Anda jika salah memilih jamur justru dapat menjadi racun bagi tubuh? Agar Anda dan keluarga dapat dengan aman mengosumsinya, berikut ini Kulina akan membagikan tips memilih dan menyimpan jamur yang benar.

1.      Tidak dalam Kemasan Justru Lebih Bagus

Di supermarket maupun pasar, kebanyakan jamur kancing telah dikemas saat dijual. Ini tidak 100% menjamin tingkat kesegarannya. karna menempatkan bahan makanan dalam bungkus yang tertutup rapat dan terhindar dari udara bebas memang dapat menghindarkannya dari kontaminasi bakteri dan kuman. Tapi, tingkat kesegaran jamur adalah hal terpenting ketika Anda hendak mengolahnya. Tapi bukan berarti jamur dalam kemasan itu buruk, nilai baiknya adalah nutrisi pada jamur bisa bertahan lebih lama dan tahan dari kontaminasi.

Sebenarnya, jamur yang dijual tanpa kemasan memiliki tingkat kesegaran yang lebih tinggi. Kenapa? Pertama Anda dapat memilih sendiri satu per satu berdasarkan kondisi fisik (tidak ada sayatan dan memar). Jika sudah dalam kemasan, terkadang ada yang teksturnya masih bagus dan sebagian ada yang cacat atau luka. Kedua, karena jamur curah atau kiloan cenderung cepat membusuk, Anda kemungkinan besar akan mendapatkan jamur yang masih segar. Ini karena penjual akan selalu menggantinya dengan yang masih segar secara rutin setelah jamurnya terpapar udara lebih dari sehari.

2.      Kesan Kotor dan Warna Kecokelatan Bukan Jaminan

Beberapa mungkin beranggapan jika kesan kotor, bau tanah, dan warna kecokelatan pada batang atau payung jamur dapat dijadikan salah satu patokan kesegarannya. Ini tergantung pada jamur kancing yang Anda pilih. Jika warna dasar jamurnya kecokelatan atau cenderung gelap maka cara ini tidak dapat dipastikan sepenuhnya benar. Cara utama memastikan kesegaran jamur adalah dengan memperhatikan detail kondisi fisiknya. Anda sebaiknya juga bertanya pada penjual kapan jamur ini datang, untuk memastikannya.

Kondisi fisik jamur yang harus benar-benar Anda perhatikan adalah tidak adanya bekas luka, sayatan, dan memar atau semacam bekas tertumbuk baik pada bagian batang maupun payung jamur. Jika terpaksa membeli jamur dalam kemasan, pilihlah dengan seksama dan jangan yang lembab atau basah. Anda bisa meraba teksturnya dari bungkusnya atau menekan dengan lembut. Serta amati dan pastikan tidak terdapat sayatan atau tanda-tanda jamur sudah akan busuk. Pilihlah yang utuh dan bersih.

Meskipun jamur tumbuh dengan suhu yang lembab, bukan berarti dia bersahabat dengan air. Ketika Anda ingin memasak jamur langsung setelah membelinya tanpa menyimpannya, Anda boleh mencuci jamur dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran yang mungkin menempel. Namun, pastikan setelah itu Anda mengeringkannya sebelum dimasak. Tekstur jamur yang terkena air tidak terlalu bagus untuk masakan. Jadi mengeringkannya setelah dicuci dapat menyelamatkan masakan Anda agar mendapatkan tekstur yang diinginkan.

Tapi jika Anda bermaksud untuk menyimpannya, simpanlah di lemari es. Jangan mencucinya dulu sebelum Anda menyimpan jamur. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan tisu kering atau lap kering bersih. Lalu bungkus menggunakan kertas atau masukkan ke box penyimpanan. Tempatkan di rak bagian bawah kulkas agar tidak terlalu dingin dan lembab.

Kualitas jamur tidak dilihat dari warnanya saja, karena setiap jamur terlihat berbeda. dan sebagai gantinya, cobalah Anda memeriksa struktur dan tekstur yang dimiliki jamur. Para ahli di Cook’s Illustrated merekomendasikan cara untuk memilih jamur yang sehat dengan ‘payung’ yang masih utuh tak kering, tak keriput, dan warna cokelat segar.

Jika bisa menyentuhnya, periksa kelembapan jamur. Tak masalah jika jamur lembap asalkan tidak berlendir.
Bila anda tertarik untuk mendapatkan jamur baik dalam bentuk kemasan ataupun fresh bisa kunjungi web rodeomushroom.com .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *