Tips Membeli dan Cara Menyimpan Jamur Kancing yang Benar

Tips-Tips Membeli dan Cara Menyimpan Jamur Kancing yang Benar

Salah satu bahan makanan yang tidak pernah sepi peminatnya adalah jamur. Hal itu karena banyak orang yang menyukainya, apalagi jamur dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan. Mulai dari cemilan yang krispi, saus untuk pasta, campuran sup, dan lainnya. Jenis jamur sendiri juga cukup banyak, ada Kuping, Tiram, jamur Kancing, Shitake, Enokitake, dan sebagainnya.

Untuk mendapatkan jamur terbilang mudah, karena Anda bisa menemukannya di berbagai tempat seperti pasar atau swalayan terdekat. Selain itu Anda juga bisa membelinya secara langsung kepada produsen atau pabrik jamur. Namun sebelum melakukan pembelian, Anda perlu tahu cara memilih jamur yang baik dan aman untuk dikonsumsi. Kesalahan dalam memilih dapat berakibat fatal.

Tips Memilih Jamur Kancing yang Berkualitas

  1. Mengamati Warnanya

Keadaan jamur kancing yang masih bagus atau tidak dapat Anda lihat dan amati dari warnanya. Jamur yang masih mempunyai tingkat kesegaran yang baik ditandai dengan warna yang bersih. Pilihlah jamur yang bersih dan tidak bernoda. Yang perlu Anda hindari adalah jamur mempunyai bercak noda. Bercak tersebut menjadi indikasi bahwa jamur tidak layak dikonsumsi dan sudah tidak segar.

  1. Memastikan Bagian Payung Jamur Masih Menempel dan Utuh

Anda perlu memastikan secara langsung untuk mengecek keadaannya, terutama pada bagian payung jamur  kancing tersebut. Apabila payung jamur masih menempel pada batangnya dengan sempurna, dapat dipastikan bahwa jamur masih berkualitas baik. Pastikanlah untuk memilih jamur yang bagian payungnya masih dalam keadaan yang utuh.

  1. Memperhatikan Kelembaban

Aspek yang tidak kalah penting berikutnya yaitu memastikan tingkat kelembaban pada jamur, perhatikanlah hal itu. Tingkat kelembaban adalah faktor yang juga penting yang akan berpengaruh terhadap kualitas yang dimiliki oleh jamur. Anda perlu menghindari jamur kancing yang telah dalam keadaan berlendir.

Jamur kancing yang lembab dan basah pun juga tidak boleh Anda pilih. Hal itu menunjukkan bahwa kualitas pada jamur telah menurun. Selain hal tersebut, Anda juga perlu menghindari jamur yang pada bagian permukaannya terdapat bulir air. Pilihlah jamur yang masih dalam keadaan segar agar Anda mendapatkan kualitas terbaik.

  1. Memperhatikan Aroma

Tips terakhir dalam memilih jamur kancing berkualitas adalah memperhatikan aroma yang ada pada jamur. Jamur berkualitas baik akan mempunyai aroma sedap dan khas. Namun apabila Anda mendapati jamur yang aromanya kurang baik, membuat kualitas jamur patut untuk dipertanyakan. Jamur yang kualitasnya sudah tidak baik membuatnya tidak baik dan kurang aman jika dikonsumsi.

Cara Mudah Menyimpan Jamur Agar Lebih Awet

  • Pastikanlah Jamur yang Hendak Dimasak Dalam Kondisi yang Sudah Bersih

Jika perlu, cuci dan keringkanlah hingga benar-benar kering. Jamur yang teksturnya masih basah akan kurang baik jika dimasak.

  • Anda Tidak Perlu Mencucinya Jika Hendak Disimpan

Apabila Anda ingin membuatnya menjadi stok bahan makanan, sebaiknya jamur langsung disimpan di dalam lemari pendingin.

  • Membersihkan Kotoran dengan Lap Atau Tisu

Jika jamur dalam keadaan masih kotor, bersihkanlah kotorannya dengan lap atau tisu kering. Selanjutnya saat kotoran setelah hilang, masukkanlah jamur ke dalam suatu wadah.  Lalu masukkanlah jamur tersebut ke dalam lemari pendingin di rumah Anda.

Setelah membaca uraian di atas, sangat penting sekali membeli jamur dengan kualitas yang masih baik. Begitu juga dengan produk-produk berupa olahan jamur, agar mendapatkan yang masih segar Anda perlu datang langsung ke pabrik jamur. Apabila menginginkan yang lebih praktis, Anda dapat membeli produk ini secara online pada officiall store di marketplace kami di Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *