Manfaat Besar di Balik Olahan Jamur Kancing

Manfaat Besar di Balik Olahan Jamur Kancing

Dilihat secara garis besar, jamur kancing merupakan salah satu jenis sayuran. Jenis jamur yang satu ini sudah sering dijadikan sebagai bahan campuran masakan. Contohnya adalah seperti sayur capcai, tumis, dan lain sebagainya. Karena sering digunakan sebagai bahan masakan, jamur ini mudah ditemukan di pasaran. Bahkan tidak sedikit pabrik jamur yang mengolahnya menjadi bahan makanan siap pakai.

Selain memiliki rasa yang lezat saat dimasak, ternyata olahan jamur jenis ini juga memiliki segudang manfaat yang perlu Anda tahu. Beragam manfaat tersebut lebih mengarah pada kesehatan tubuh. Karenanya, Anda tidak boleh meremehkan bahan makanan yang satu ini. Lantas apa saja manfaat yang bisa diperoleh dengan  mengkonsumsi jamur kancing ini?

Beberapa Manfaat Dalam Jamur Kancing

Saat dikonsumsi secara rutin, jamur kancing akan menghasilkan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Di bawah ini bisa Anda simak beberapa poin penjelasannya :

1. Menghindari resiko terkena kanker

Kanker sendiri merupkan jenis penyakit yang mematikan. Kandungan nutrisi yang ada pada jamur kancing diantaranya adalah seperti vitamin C, polisakarida, polifenol, selenium, dan lain sebagainya. Beberapa nutrisi itu memiliki sifat antioksidan yang cukup tinggi. Molekul antioksidan sendiri dipercaya dapat menekan angka resiko terkena kanker pada tubuh.

2. Menjaga kesehatan jantung

Molekul lain yang dikandung oleh jamur jenis ini adalah ergothioneine dan beta glucan. Dua molekul ini bermanfaat mengendalikan pacu tingkat kolesterol dalam tubuh yang juga dipercaya menjadi penyebab sakit jantung. Selain itu, kandungan ergothioneine juga bermanfaat untuk menurunkan resiko stroke dan darah tinggi. Kedua penyakit ini jika tidak segera diatasi juga akan memicu serangan jantung yang berakibat fatal.

3. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat jamur kancing selanjutnya adalah dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini karena dalam jamur yang satu ini terkandung molekul polisakarida, yang mana kandungan ini dipercaya dapat meningkatkan kadar sensitivitas pada insulin.

4. Memelihara kesehatan usus

Tidak hanya jantung, usus juga menjadi anggota tubuh vital yang harus dijaga dengan baik kesehatannya. Hal ini tak lain adalah juga karena peran molekul polisakarida. Polisakarida dalam usus memiliki peran sebagai prebiotic. Prebiotic ini bermanfaat sebagai bakteri baik yang akan menjaga usus dari bakteri buruk.

 

Ragam Olahan Jamur Kancing Yang Bisa Anda Coba

Setelah mengetahui segudang manfaatnya, kini Anda bisa mulai membiasakan mengkonsumsi jamur kancing. Anda tidak harus memakannya secara langsung. Anda bisa mengolah jamur ini menjadi berbagai hidangan masakan yang lezat dan menggugah selera. Ada beragam ide hidangan masakan yang bisa Anda coba di rumah. Beberapa diantaranya adalah seperti :

1. Campuran salad

Salad biasanya berisi sayur dan buah-buahan. Sayuran yang dijadikan salad umumnya adalah sayuran yang berwarna hijau. Namun Anda bisa mencoba mencampur jamur kancing sebagai bahan tambahan salad tersebut. Rasanya yang ringan akan melengkapi sajian salad Anda di rumah.

2. Tumis

Masakan tumis dengan bahan jamur jenis ini mungkin sudah tidak asing lagi. Anda bisa menambah olahan jamur tumis dengan lauk lainnya, seperti tempe atau tahu, dan sayur hijau lainnya.

3. Omlette

Dalam adonan omlette biasanya Anda akan menjumpai beragam isian telur itu sendiri. Seperti misalnya sosis, tomat, bawang, dan lain sebagainya. Jamur kancing bisa menjadi rekomendasi isian omlette Anda agar semakin bergizi.

Beragam olahan jamur kancing lainnya juga bisa Anda temukan pada beberapa brand yang mengolah bahan jamur. Salah satunya adalah Rodeo Mashroom. Produk Rodeo bisa Anda dapatkan dengan melakukan pembelian online melalui official store kami di Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *