Kandungan Nutrisi Jamur Kancing Serta Manfaatnya

Kandungan Nutrisi Yang Terdapat Dalam Jamur Kancing Serta Manfaatnya

Olahan jamur mungkin terlihat sangat sederhana, namun mengandung banyak nutrisi. Teksturnya yang kenyal membuat jamur kancing cocok dikombinasikan dengan bahan baku apa saja seperti nasi, mie dan lain sebagainya.

Berikut Kandungan Nutrisi Dalam Jamur Kancing

Jamur kancing banyak dipilih karena tergolong sangat rendah garam, rendah kalori, bebas kolesterol dan lemak sehingga cocok dikonsumsi setiap hari. Selain itu, kandungan nutrisi yang terdapat pada jamur kancing bisa bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh sebagai berikut.

1. Tembaga

Kandungan tembaga dalam jamur kancing mampu bermanfaat untuk menghasilkan sel darah merah. Zat tersebut dibutuhkan tubuh untuk memperlancar sistem pengiriman oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Selain itu, tembaga juga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan saraf dan tulang. Dengan mengkonsumsi satu gelas jamur, 1/3 kebutuhan tembaga harian Anda bisa terpenuhi secara lebih efektif.

2. Kaya serat

Jamur kancing merupakan bahan baku yang kaya akan serat sehingga mampu melancarkan sistem pencernaan tubuh. Ketika Anda mengalami kesulitan dengan sistem pencernaan, konsumsilah jamur sebagai solusinya. Anda bisa membuat berbagai jenis masakan atau cemilan dari jamur untuk bisa menjaga kesehatan tubuh secara lebih optimal.

3. Protein

70 gr jamur memiliki kandungan protein sekitar 2,2 gr yang mampu berfungsi untuk meningkatkan antibodi tubuh dan mencegah tumbuhnya sel kanker. Kandungan protein jamur yang rendah sebaiknya Anda kombinasikan dengan daging dan telur agar lebih tinggi.

Dengan begitu Anda bisa memenuhi kebutuhan protein tubuh secara lebih maksimal. Banyak sekali ide masakan yang bisa dibuat dari bahan baku jamur seperti nasi goreng jamur, jamur panggang dan lain sebagainya.

4. Potasium

Jamur kancing mengandung zat potasium tinggi yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan mampu menyeimbangkannya. Dengan begitu Anda bisa terhindar dari penyakit stroke.

Bagi Anda yang sudah berumur lanjut tentu harus memilih jenis makanan yang cermat agar tidak memicu timbulnya berbagai penyakit. Jamur merupakan salah satu bahan baku terbaik untuk dicampurkan pada berbagai jenis masakan.

5. Beta glucan

Komponen gula alami bisa Anda temukan di jamur yang disebut dengan beta glucan. Zat ini adalah jenis serat terlarut yang bisa berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, mencegah pertumbuhan sel kanker, meningkatkan antibodi dan mengurangi alergi.

6. Antioksidan

Antioksidan di dalam jamur kancing dikenal dengan nama selenium. Zat ini berfungsi untuk memperlambat penuaan dini akibat radikal bebas. Antioksidan mampu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang bisa mengakibatkan penyakit jantung dan juga kanker. Bukan hanya itu, antioksidan juga mampu berperan aktif meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Vitamin D

Vitamin D dalam jamur berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang serta jantung dan mempermudah penyerapan mineral yang dibutuhkan tubuh. Vitamin D juga diketahui mampu berperan aktif dalam pencegahan stres. Bukan hanya memberikan rasa lezat saja, namun aroma pada jamur bisa membantu Anda untuk menenangkan pikiran.

Tak heran jika jamur seringkali dijadikan sebagai obat pereda stres alami. Untuk itu Anda harus menyeimbangkan kesibukan dengan pola hidup sehat.

8. Kalium

Pada jamur terkandung zat kalium yang mampu berperan untuk menjaga kesehatan jantung, otot, sistem kerja saraf dan mampu membantu ginjal untuk menyaring darah. Selain itu, kalium juga bermanfaat untuk menurunkan kadar tekanan darah, kolesterol dan mampu menormalkan kerja jantung.

Untuk menjaga kandungan nutrisi bahan baku, pabrik jamur Rodeo memilih cara pengolahan yang berteknologi tinggi. Dengan begitu, meskipun dipasarkan dalam bentuk kemasan namun nutrisi jamur masih tetap sama dan lezat untuk dikonsumsi. Kunjungi rodeomushroom.com untuk mengetahui produk olahan jamur lainnya. Anda bisa mendapatkan produk jamur olahan Rodeo secara online pada officiall store di marketplace kami di Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *