Cara Mengolah Jamur Kancing Menjadi Sajian Lezat Dan Bergizi

Cara Mengolah Jamur Kancing Untuk Menjadi Sajian Lezat Dan Bergizi

Olahan jamur kancing saat ini banyak disukai karena gaya hidup masyarakat yang kian berubah. Saat ini kebanyakan orang akan menerapkan pola hidup yang sehat dan mengkonsumsi banyak sayuran. Jamur merupakan salah satu alternatif pengganti daging yang bergizi. Teksturnya yang kenyal membuat jamur sangat lezat dimakan dengan apa saja.

Anda bisa mengkombinasikan jamur dengan berbagai bahan untuk dijadikan olahan lauk pauk, sup hingga cemilan. Namun saat mengolahnya, Anda harus melakukannya dengan baik untuk memastikan kandungan nutrisi dan rasa jamu tetap lezat.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Mengolah Jamur Kancing

Kesalahan mengolah jamur kancing bisa membuat cita rasanya dan nutrisinya menjadi berkurang. Hal ini tentu akan sangat mengecewakan dan membuat kesal. Artinya pekerjaan yang Anda lakukan hanyalah sia-sia. Untuk itu Anda harus memperhatikan beberapa hal penting dibawah ini agar bisa mengolah jamur dengan baik.

1. Bersihkan jamur dengan kertas basah

Membersihkan jamur dengan menggunakan air bisa membuat teksturnya menjadi terlalu basah serta hancur ketika dimasak. Untuk itu disarankan untuk membersihkan jamur menggunakan kertas basah saja. Usap bagian jamu dengan menggunakan kertas bahan hingga ke bagian celah. Cara seperti ini saja sudah cukup untuk membersihkan jamur.

2. Masak jamur dengan menggunakan api sedang

Masaklah jamur dengan temperatur sedang untuk bisa mempertahankan tekstur dan juga kelezatannya. Dalam jamur, terdapat kandungan air, untuk itu jika dimasak dengan menggunakan api besar air jamur akan lebih cepat keluar.

Untuk itu lebih baik menggunakan api sedang sehingga kandungan air dalam jamur tidak keluar dan membuat kualitasnya tetap terjaga.

3. Gunakan minyak sedikit

Ketika menumis jamur, pastikan Anda menggunakan minyak sedikit saja, karena jamur mampu menyerap minyak dengan cepat. Untuk menjaga kualitasnya, tumis jamur dengan menggunakan api sedang dalam durasi yang cepat agar tidak gosong.

4. Iris jamur sesuai selera

Menyajikan jamur dalam bentuk utuh tentu akan memperkaya rasanya, namun hal tersebut membuat rasa jamur akan terasa lebih dominan dan mengalahkan bahan baku yang lainnya.

Untuk itu sebaiknya, Anda iris jamur terlebih dahulu sebelum memasaknya. Anda bisa mengiris panjang atau kecil, sesuaikan dengan selera masing-masing. Dengan begitu jamur dan bahan lainnya bisa tercampur dan menghasilkan rasa masakan yang lezat.

 

Ide Olahan Jamur Untuk Berbagai Hidangan Lezat

Jamur jenis kancing memiliki keawetan yang sangat terbatas yaitu 3-4 hari. Untuk itulah saat ini produk jamur dikemas dalam bentuk kaleng. Proses pengolahannya dilakukan secara teliti dan tentunya steril. Jamur akan melalui proses pengeringan atau pembekuan. Dengan begitu masa hidup jamu bisa semakin panjang.

Jika anda membeli jamur yang dikeringkan, pastikan untuk merendamnya terlebih dahulu sebelum memasak. Penggunaan jamur dalam kemasan kaleng banyak disukai karena lebih mudah dan simple. Anda bisa mengolah jamur menggunakan ide-ide dibawah ini.

  • Campurkan irisan jamur ke dalam salad. Anda bisa menumisnya terlebih dahulu jika ingin kondisinya matang. Namun Anda juga bisa langsung menggunakannya dalam kondisi mentah.
  • Tumis jamur untuk dicampurkan dengan pasta, seperti spageti, fettucini dan lain sebagainya.
  • Tambahkan jamur sebagai komposisi untuk membuat telur dadar. Tambahkan juga sedikit sayur akan lebih bergizi.
  • Jamur bisa Anda jadikan sebagai cemilan sehat dengan cara memanggangnya sebentar hingga kering.

Untuk memudahkan Anda dalam memasak, pabrik jamur Rodeo menghadirkan berbagai produk dalam bentuk kemasan. Dengan begitu proses memasak akan jauh lebih cepat. Untuk informasi tentang variasi produk, kunjungi website rodeomushroom.com. Produk ini tersedia di Official Store kami di Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *