Begini Cara Mengolahnya Jamur Kancing yang Lezat dan Bergizi

Sajikan Olahan Jamur yang Lezat dan Bergizi, Begini Cara Mengolahnya

Jamur kancing merupakan jenis bahan makanan yang lazim dikonsumsi di Indonesia. Ragam jamur ini cukup banyak jenisnya, mulai dari yang dengan harga murah hingga yang paling mahal. Olahan jamur ini memiliki rasa yang lezat dengan tekstur yang unik.

Beberapa orang bahkan mengolah jamur sebagai pengganti daging bagi orang yang menganut vegetarian. Jamur memiliki tekstur yang kenyal dan bisa diolah menjadi makanan apa saja. Cocok juga dikombinasikan dengan jenis bahan lainnya dalam masakan.

 

Tips Mengolah Jamur Kancing yang Benar

Jamur kancing memang jenis jamur yang banyak digemari oleh masyarakat. Namun, beberapa orang belum bisa mengolahnya secara benar. Padahal kesalahan pengolahan akan membuat nutrisinya banyak yang terbuang. Agar jamur dapat diolah dengan baik, ikuti tips berikut ini:

1. Bersihkan Menggunakan Kertas Basah

Ketika membersihkan jamur kancing, jangan menggunakan air biasa. Hal ini justru akan membuat tekstur jamur menjadi lebih basah dan bisa hancur saat dimasak. Gunakan kertas basah untuk mengelap atau mengusap jamur dengan cara yang halus.

Usapkan kertas basah pada permukaan jamur dan juga pada celah-celah jamur. Jangan khawatir akan kebersihannya, jika Anda melakukan dengan baik, maka jamur cukup bersih untuk kemudian dimasak.

2. Masak dengan Api Sedang

Tekstur jamur kancing yang kenyal dan mudah matang, mengharuskan untuk mengolahnya dengan cara yang benar. Gunakan api dengan temperatur sedang pada saat memasak jamur. Jika api terlalu besar, akan berakibat pada lebih cepatnya air jamur keluar selama proses memasak.

Kandungan air yang banyak terlepas dari jamur juga akan mengurangi kandungan nutrisi yang ada dalam jamur. Lebih baik memasaknya dengan api sedang hingga matang daripada memasaknya dengan api besar. Cara ini akan menjaga kualitas jamur agar tidak hilang.

3. Gunakan Minyak dalam Jumlah Sedikit

Ketika hendak menumis jamur kancing, gunakan minyak yang sedikit saja. Jangan terlalu banyak karena sifat jamur yang sangat cepat dan mudah menyerap minyak. Cara tersebut juga untuk mempertahankan kualitas jamur agar nutrisinya tidak hilang.

Memasak jamur dengan api besar dan minyak yang banyak akan menghilangkan nutrisi dan membuat jamur lebih cepat gosong. Gunakan api sedang agar masakan tidak lekas gosong dan tekstur serta rasa jamur tetap terjaga.

4. Iris Sesuai Selera

Walaupun tidak ada larangan dalam mengolah jamur dalam bentuk utuh, namun akan terasa lebih nikmat jika diiris terlebih dahulu. Selain agar jamur tidak menjadi dominan pada masakan, juga rasanya akan lebih menyatu dengan bahan yang lainnya.

Jamur ini bisa diiris sesuai dengan selera. Boleh dalam bentuk panjang, kecil, bulat, dan lainnya. Walaupun dicampur dengan bahan lain, jamur ini akan tetap memberikan rasa lezat pada masakan, apalagi jika bumbu yang digunakan lengkap dan tepat.

 

Ide Olahan Jamur Lezat Bergizi

Dalam kondisi mentah, jamur dapat bertahan 3-4 hari. Beberapa pabrik jamur mengemasnya dalam kaleng, sehingga lebih tahan lama dan steril. Pengolahan jamur kaleng ini lebih lama karena melalui proses pengeringan.

Berikut adalah ide-ide menarik dalam mengolah jamur kemasan agar lebih menggiurkan:

  • Tambahkan jamur kalengan pada bahan pembuatan telur dadar. Masukkan juga sayuran agar gizinya semakin bertambah.
  • Buatlah tumis jamur yang dicampur dengan pasta, contohnya fettucini, spaghetti, dan lainnya.
  • Jamur juga bisa menjadi cemilan sehat. Pangganglah jamur hingga kering dan masukkan pada toples agar tetap renyah dan garing.
  • Jamur kaleng bisa dijadikan bahan campuran salad. Tumis terlebih dahulu hingga matang dan campurkan bersama bahan salad yang lainnya.

 

Penikmat jamur saat ini bisa lebih mudah mendapatkan produk ini di berbagai tempat. Jika ingin jamur lebih tahan lama, bisa membeli jamur kaleng yang praktis dan alami, seperti Jamur kemasan dari Rodeo Mushroom. Jamur kemasan ini akan lebih mudah dimasak dan lebih awet.

Produk dari Rodeo Mushroom ini bisa Anda dapatkan secara online di website rodeomushroom.com atau bisa juga didapatkan secara online melalui official store yang ada pada TokopediaBukalapakShopeeBlibliLazada, dan Jd.id.

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *